Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng sukses menyelenggarakan acara Kuliah Tamu bertema “Etnomatematika: Budaya, Pendidikan, dan Matematika” sebagai wujud implementasi kerja sama antara Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang. Acara yang diadakan pada Sabtu, 7 Desember 2024 ini menghadirkan narasumber inspiratif yaitu Dr. Alifiani, M.Pd. dari Universitas Islam Malang dan Novia Dwi Rahmawati, S.Si., M.Pd. dari Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng.
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari semester 1, 3, 5, dan 7 serta dosen-dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Dr. Siti Khabibah, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari menyampaikan apresiasi atas kerja sama akademik yang terbentuk antara dua lembaga ini. Selain itu, Dr. Alfian Setya Nugraha, M.Hum. selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng berharap bahwa melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menyadari bahwa kajian budaya dan pembelajaran matematika itu bisa sinergi dan berjalan berdampingan.
Dalam paparannya sebagai pemateri pertama, Dr. Alifiani, M.Pd. membahas bagaimana unsur-unsur budaya Jawa dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika agar tercipta pengalaman belajar matematika yang kontekstual. Selain itu, beliau juga menyampaikan tren penelitian dalam pendidikan matematika yang berkaitan dengan tema etnomatematika.
Materi kedua disampaikan oleh dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng yaitu Novia Dwi Rahmawati, S.Si., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa etnomatematika dalam pembelajaran sejalan dengan prinsip pembelajaran matematika. Selain itu, beliau juga mempertegas kembali terkait integrasi budaya dalam pembelajaran yaitu kenali budaya (eksplorasi), rancang pembelajaran (modul), pahami target pembelajaran (identifikasi), dan lakukan pembelajaran (implementasi). Juga ada materi mengenai integrasi kombinatorika dan teori graf dalam etnomatematika.
Kegiatan ini mendapatkan antusiasme tinggi dari para mahasiswa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Selain itu, tema ini mampu menarik perhatian para mahasiswa tingkat akhir. Hal ini terlihat dari banyaknya judul skripsi yang mereka ajukan berkaitan dengan etnomatematika.